Mengukur Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Mengukur Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk menambah modal atau pemasukan yang diinginkan. Apalagi sekarang ini ada berbagai pilihan dan mudah untuk didapatkan, sehingga tidak heran membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Salah satu investasi bisnis yang bisa Anda lakukan adalah mencoba peruntungan pada emas. 

Investasi emas termasuk dalam kategori yang banyak dicari dan dilakukan oleh beberapa orang, karena memberikan harga yang relatif stabil dan resiko kerugian relatif rendah. Tidak heran masih banyak orang tertarik untuk melakukan investasi pada bidang tersebut. Lantas, apa saja sih keuntungan dan kerugian investasi emas? Simak yuk penjelasannya. 

Keuntungan Investasi Emas

1. Pergerakan Harga Stabil 

Apabila Anda ingin mendapatkan sumber pendapatan dengan pergerakan yang tidak begitu besar resikonya, mungkin emas bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena pada bagian ini emas termasuk dalam kategori nilai investasi yang pergerakannya harga relatif lebih stabil, terutama dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi yang menghadapinya. 

Apalagi di tengah-tengah masa krisis, emas memberikan banyak keuntungan yang didapatkan oleh pihak investor, sebab cocok sebagai aset lindung nilai. Hal ini tentunya menjadi bagian yang menarik dan tepat, terutama adanya gejolak harga yang tidak pas dan kondisi pasar tidak pasti, sehingga emas sangat mampu menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Pada tahap inilah, kemungkinan Anda bisa melirik emas untuk perlindungan modal. 

Jika Anda tidak ingin mengambil resiko yang terlalu besar dengan bentuk investasi yang lain, mungkin alternatif satu ini bisa menjadi bagian yang memungkinkan untuk Anda coba dan dapatkan semuanya secara menyeluruh. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mendapatkan sumber pemasukan, maka emas bisa menjadi jalan terbaik yang bisa dicoba. 

2. Tidak Sulit Dijual Kembali 

Ada banyak bentuk investasi, tapi kendala yang paling sering terjadi adalah sulit untuk dijual kembali untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mendesak. Emas menjadi jawaban atas berbagai permasalahan yang muncul, karena adanya emas membuat Anda akan jauh lebih untuk menjual kembali ke pasaran, sehingga tidak begitu ribet untuk dijual lagi. 

Hal ini untuk sebagian orang menjadi perhitungan yang jelas, terkadang kebutuhan investasi tidak bertahan selamanya. Ada saja beberapa kebutuhan yang hendak diperhatikan, sehingga perlu adanya pertimbangan saat melakukan investasi tersebut. Apabila Anda baru mempunyai modal dan ingin mempunyai investasi, emas bisa menjadi pilihan terbaik. 

Saat ini emas tidak hanya dijual secara konvensional saja, suda ada beberapa platform yang memberikan dan mendukung penjualan emas secara online. Kondisi tersebut masuk dalam pertimbangan yang jelas, sehingga jika ada keadaan yang mendesak dan membutuhkan modal dalam waktu singkat, emas bisa memberikan solusi atas permasalahan tersebut. 

3. Pilihan Diversifikasi 

Beberapa orang memutuskan untuk melakukan investasi pada emas adalah solusi untuk diversifikasi aset yang ada. Kondisi satu ini termasuk yang paling menarik dan tepat dilakukan, sebab dunia investasi itu jangan hanya pilih satu instrumen investasi saja. Apabila Anda hanya fokus pada satu investasi saja, maka sulit untuk mempertahankan kekayaan. 

Emas juga bisa dijadikan sebagai penyeimbang dengan beberapa investasi yang ada lainnya, sehingga ini harus lebih menarik dan tepat dilakukan. Proses ini dipengaruhi oleh pergerakan investasi lainnya yang relatif cepat dan tinggi, sehingga apabila salah dalam menentukannya akan ada banyak permasalahan yang terjadi. 

Mengukur Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Kekurangan Investasi Emas

1. Tidak Ada Pendapatan Tambahan 

Berbeda apabila Anda melakukan investasi pada saham, obligasi, deposito, dan lainnya, sebab instrumen ini mempunyai beberapa sumber pendapatan, mulai dari bunga, dividen, dan kupon yang diberikan, sehingga secara tidak langsung akan menambah pendapatan aset yang dimiliki. Pada tahap ini, emas tidak mempunyai proses pendapatan seperti itu. 

Untuk mendapatkan keuntungannya emas hanya mengandalkan pada keuntungan yang didapatkan dari penjualan, oleh karena itu pergerakannya terbilang lambat dan  kebutuhan jangka panjang yang lama. 

2. Kenaikan Harga Lambat 

Emas memang diyakini sebagai bentuk investasi yang stabil, sehingga kekurangan pada investasi ini harga yang diberikan termasuk lambat dan tidak begitu cepat. Proses inilah yang membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan keuntungan tinggi, karena membutuhkan waktu yang lama agar bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan. 

3. Harus Ada Tempat Penyimpanan 

Mungkin sudah ada bentuk platform yang bisa mendapatkan emas secara online, namun masih belum banyak masyarakat yang beralih ke arah tersebut. Masih banyak masyarakat yang membeli emas secara fisik, sehingga benar-benar harus Anda pertimbangan semuanya secara menyeluruh dengan tepat dan jelas. 

Meskipun Anda tidak mempunyai tempat penyimpanan, maka harus merogoh kocek yang tidak sedikit dan benar-benar harus dipertimbangkan dengan jelas. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai keuntungan dan kerugian ketika Anda memutuskan untuk memilih investasi pada emas. 

Leave a comment

Your email address will not be published.