Menabung vs Investasi, Mana yang Perlu Dipilih ? Yuk Simak Penjelasannya

Menabung vs investasi

Menabung vs investasi memang seringkali menjadi pembahasan yang cukup menarik. Bukan tanpa alasan, kedua hal ini dinilai menjadi cara yang tepat untuk mempersiapkan kehidupan dengan lebih baik di masa depan.

Dengan melakukan kedua hal ini, maka Anda bisa menyimpan dana untuk mempersiapkan masa depan sehingga di masa depan Anda tidak harus bekerja telalu keras untuk memenuhi kebutuhan. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan kedua hal ini secara bersamaan karena keterbatasan finansial.

Lantas mana yang lebih disarankan antara menabung dan investasi ? Mari simak penjelasan dari kedua tips keuangan tersebut.

Menabung

Menabung menjadi aktivitas yang telah diajarkan sejak usia kanak-kanak oleh berbagai kalangan. Menabung sendiri merupakan aktivitas menyimpan uang untuk digunakan di masa depan. Ada beberapa orang yang menabung dengan target tertentu, namun ada juga yang hanya menyimpan uang tanpa tahu uang tersebut akan digunakan untuk apa nantinya.

Salah satu keunggulan dari menabung adalah uang yang dikumpulkan tidak akan berkurang sedikitpun meski telah disimpan dalam beberapa tahun. Namun kelemahan dari menabung ini adalah Anda tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari tabungan tersebut terutama jika sistem menabung yang digunakan adalah manual atau disimpan sendiri di rumah.

Kelemahan dari menabung ini saat ini memang sudah tidak terlalu dirasakan karena banyak program tabungan dari bank yang bisa digunakan oleh masyarakat dengan keuntungan berupa bunga tabungan meski nominalnya tidak terlalu besar. Beberapa program tabungan juga dirancang dengan tujuannya masing-masing seperti tabungan pendidikan, tabungan haji, giro, berjangka, dan lain sebagainya. 

Menabung vs investasi

Investasi

Menabung vs investasi seringkali dibicarakan namun tidak selalu dibandingkan dengan teliti. Belakangan ini investasi menjadi produk keuangan yang cukup banyak menyita perhatian. Ada berbagai jenis investasi yang bisa digunakan oleh masyarakat mulai dari saham, reksadana, crypto currency, dan lain sebagainya.

Keunggulan utama dari investasi adalah adanya potensi keuntungan yang bisa diterima dalam jumlah yang cukup besar. Namun jangan lupakan potensi kerugian yang juga bisa dialami oleh para investor ini. Karena adanya potensi kerugian yang cukup besar, maka sangat disarankan agar kalangan masyarakat mempelajari ilmu investasi secara mendalam agar tidak mengalami kerugian tersebut.

Berbeda dengan langkah menabung yang bisa dilakukan tanpa terlalu banyak persiapan, investasi tidak disarankan untuk dilakukan secara otodidak tanpa persiapan yang matang. Persiapan yang perlu dimiliki saat memutuskan untuk menginvestasikan uang yang dimiliki bukan hanya dari segi uang untuk investasi saja namun juga dari segi pengetahuan yang cukup. Tanpa pengetahuan, investasi justru bisa merugikan bagi Anda. Namun dengan pengetahuan, investasi bisa berpeluang mendatangkan keuntungan tak terduga.

Pada dasarnya menabung vs investasi memiliki keunggulannya masing-masing tergantung pada kenyamanan setiap penggunanya. Jika ditanya mana yang lebih direkomendasikan, maka jawabannya adalah keduanya sangat direkomendasikan.

Menabung dan investasi perlu dilakukan secara bersamaan agar bisa memberikan manfaat yang tepat bagi diri Anda. Dengan menabung, Anda akan mengamankan sebagian aset berupa penghasilan Anda tanpa harus khawatir kehilangan uang tersebut karena kerugian tertentu.

Dengan berinvestasi, Anda memiliki peluang untuk meningkatkan nilai aset Anda hingga nilai yang tidak terbatas. Meski ada risiko kerugian, namun risiko tersebut bisa dicegah dengan ilmu investasi yang dimiliki. Dengan mempelajari dunia investasi, Anda bisa menemukan jenis investasi yang tepat untuk menumbuhkan aset Anda.

Menabung vs investasi bukanlah produk keuangan yang patut dibandingkan dan dipilih salah satunya. Kedua produk keuangan ini akan memberikan manfaat yang lebih maksimal jika Anda melakukannya berdampingan. Memilih produk keuangan yang tepat akan membuat keuangan Anda lebih tertata.