Begini Agar Bisa Memiliki Dana Darurat

Dana darurat adalah uang simpanan yang kamu miliki untuk kebutuhan mendesak tidak terduga di waktu mendatang. Apakah kamu sudah punya dana darurat? Dana darurat sangat penting bagi setiap orang. Dengan dana darurat kamu tidak akan kebingungan apabila sewaktu-waktu ada pengeluaran dadakan yang mendesak.

Jika kamu memiliki dana darurat maka ketika sewaktu-waktu ada keperluan mendesak tak terduga, keuanganmu tidak akan terganggu, karena kamu punya simpanan, yaitu dana darurat. Jadi, dana darurat akan membantu keuanganmu lebih stabil dalam kondisi yang tidak diharapkan.

Kamu mungkin pernah merasakan kondisi dimana kamu harus mengeluarkan uang untuk kepentingan mendesak yang tak terduga. Kemudian hal tersebut membuat keuanganmu terganggu. Akan berbeda ketika kamu memiliki dana darurat, keuanganmu akan tetap aman dan stabil.

Cara Agar Memiliki Dana Darurat

Banyak sekali orang yang kesulitan ketika dihadapkan dengan keperluan mendesak, hal tersebut dikarenakan mereka tidak punya dana darurat, akhirnya mereka terpaksa meminjam uang dan harus membayar bunga atas jasa pinjaman tersebut.

Apakah kamu berminat memiliki dana darurat setelah membaca tulisan ini? Ya, dana darurat memang sangat penting, sebaiknya kamu memiliki dana darurat. Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa memiliki dana darurat? Berikut penjelasan tentang cara memiliki dana darurat.

  • Sisihkan uang 15 persen setiap bulan

Kamu bisa memiliki dana darurat apabila bisa menyisihkan uang setiap bulan. Dengan begitu, maka akan ada uang yang kamu simpan untuk kepentingan mendesak tak terduga di waktu yang akan datang. Sebaiknya kamu mulai mencoba menyisihkan 15 persen dari gaji setiap bulan.

Misalnya, ketika kamu gajian, maka sebaiknya kamu segera menyimpan 15 persen dari penghasilanmu itu untuk ditabung, sehingga kamu akan memiliki uang yang dapat kamu gunakan khusus ketika membutuhkan dana darurat. Cara ini memang cara dasar dan cukup sederhana.

Menabung tidak akan membuatmu rugi sedikitpun, memang akan menghilangkan sementara uang bulananmu, namun di suatu waktu kamu akan merasakan manfaat dari menabung itu sendiri, termasuk ketika kamu membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak, tabungan akhirnya jadi dana darurat. 

Akan tetapi, masalahnya adalah tidak setiap orang bisa mempertahankan tabungannya. Sebagian orang ada juga yang tidak bisa menabung, ia selalu tergoda untuk menggunakan tabungannya, apapun alasannya itu. padahal mungkin bisa jadi hal tersebut tidak terlalu penting.

  • Jadikan asuransi sebagai solusi

Karena tidak setiap orang bisa menabung sebagaimana dijelaskan pada cara pertama di atas, maka bagi kamu yang sulit menabung sebaiknya simpan sebagian uangmu setiap bulan ke pihak layanan jasa asuransi. Sehingga, kamu akan punya dana darurat untuk keperluan mendesak.

Dengan mengikuti program asuransi, kamu akan merasa aman ketika membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak. Namun, sayangnya asuransi biasanya bersifat khusus. Jika kamu mengikuti asuransi kesehatan, maka uangmu itu hanya bisa digunakan untuk biaya kesehatan.

Cara yang kedua ini memang membantumu, namun finansialmu kurang luas, karena dana darurat mu hanya bisa digunakan sesuai dengan keperluan yang relevan dengan jenis program asuransi yang kamu ikuti. Jika berminat kamu boleh mengikuti beberapa jenis asuransi yang menurutmu penting.

  • Investasi reksadana untuk dana darurat

Jika asuransi hanya diperuntukkan untuk kebutuhan tertentu, maka investasi berbeda. Dengan investasi kamu bisa menabung dan menggunakan uang itu di kemudian hari untuk apapun yang kamu perlukan, selama itu adalah kebutuhan mendesak.

Selain menabung untuk dana darurat, dengan investasi kamu juga bisa membuat uangmu bekerja, uangmu akan bertambah semakin lama kamu menyimpan uang itu. Investasi reksadana adalah investasi yang minim resiko dan membuatmu tidak perlu repot mengurus investasi.

Investasi reksadana juga bisa kamu tarik kapan saja saldo dan keuntungannya. Bunga yang akan kamu dapatkan memang lebih kecil dari investasi pada umumnya, namun reksadana memudahkanmu dalam berinvestasi, dan yang terpenting adalah uangmu ditabung dan tidak berkurang sama sekali.

  • Pastikan pengeluaranmu teratur dan terencana

Untuk dapat menabung, mengikuti asuransi atau berinvestasi, kamu harus mampu mengatur pengeluaranmu. Hal tersebut dimaksudkan agar kamu dapat menyisihkan uang bulanan untuk kepentingan menabung dana darurat. Bagaimana cara mengatur pengeluaran?

Pengeluaran yang teratur adalah pengeluaran yang terencana. Buat perencanaan pengeluaranmu selama satu bulan, lakukan itu setiap kamu gajian, sehingga keuanganmu akan lebih teratur. Jika kamu ingin mendapatkan dana darurat, maka harus ada yang dikorbankan.

Maksudnya, buatlah pengeluaran seminim mungkin, buat lebih kecil dari biasanya, serta lebih terencana. Dengan begitu kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung menjadi dana darurat. Memang sulit jika belum terbiasa, namun kamu harus coba jika ingin memiliki dana darurat.

Demikian penjelasan tentang cara memiliki dana darurat. Bukankah lebih baik kamu mengurangi gaya hidup demi keamanan kehidupanmu di masa depan? Sisihkanlah uangmu untuk dana darurat, karena dana darurat amatlah penting bagi kamu yang ingin hidup aman dalam persoalan keuangan.