5 Ciri-Ciri Investasi Bodong

5 Ciri-Ciri Investasi Bodong

Topik mengenai investasi akan selalu menarik, karena menjadi pilihan untuk mendapatkan sumber pemasukan atau pendapatan tambahan. Apalagi pembahasan terhadap investasi sendiri sedang banyak dilirik oleh masyarakat, sehingga bagian ini jauh lebih menarik terhadap keinginan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

Sisi lainnya, melakukan kegiatan investasi tersebut memberikan gambaran apabila kondisi pengetahuan masyarakat terhadap keuangan juga perlahan tumbuh ke arah yang lebih baik. Meskipun begitu, investasi juga harus memperhatikan beberapa aspek, karena ada banyak platform yang menawarkan keuntungan besar, tapi akhirnya hanya mendapatkan kerugian besar. 

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, supaya terhindar dari investasi bodong perlu memperhatikan beberapa ciri-ciri yang jelas. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, mari kita bahas selengkapnya. 

Tanda-Tanda Investasi Bodong

1. Tidak Memiliki Izin 

Hal pertama untuk memastikan apabila tempat Anda melakukan investasi legal atau ilegal dengan langsung memeriksa surat izinnya melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Tindakan ini menjadi sangat penting, karena tidak boleh Anda langsung percaya saja tanpa memperhatikan beberapa aspek yang ada. 

Apabila Anda sembarangan dalam menentukannya, maka kerugian besar akan menjadi momok yang merugikan nantinya. Apalagi di tengah tingginya permintaan masyarakat terhadap investasi, membuat banyak oknum memanfaatkan kesempatan tersebut. Terutama untuk Anda yang ingin investasi pada emas, saham, reksadana, dan sebagainya. 

Harus mempertimbangkan berbagai faktor dan memperhatikan izin yang ada. Hindari untuk bergabung dengan platform yang tidak mempunyai izin dan perlu adanya pengecekan secara ketat, sehingga bisa lebih aman dan terhindar dari kerugian. 

2. Menawarkan Keuntungan Tinggi dan Singkat 

Ciri selanjutnya yang perlu Anda lihat adalah jenis investasi bodong itu identik dengan penawaran bonus atau keuntungan yang tinggi dan bisa didapatkan dalam kurun waktu yang singkat. Namun, bagian ini perlu untuk menjadi pertimbangan, sebab tidak ada bentuk investasi yang akan memberikan Anda keuntungan besar, apalagi kurun waktu yang singkat. 

Apabila Anda mempercayai tindakan tersebut, maka siap-siap menjadi korban dari investasi bodong yang sangat merugikan. Pada umumnya, keuntungan dari investasi jangka panjang itu didapatkan dari angka 15 persen sampai 20 persen. Oleh karena itu, perlu untuk tidak sembarangan dan mudah tertarik atas penawaran tersebut. 

Patokannya sangat simpel untuk Anda perhatikan, jika sudah melebihi dari angka yang telah ditentukan dan sangat berlebihan penting untuk menjauhinya dan jangan terjerumus di dalamnya. Selain itu, hindari mudah percaya dengan iming-iming akan mendapatkan keuntungan atau bonus besar dalam waktu yang singkat. 

Berdasarkan teori yang ada, investasi itu termasuk dalam kategori resiko yang tinggi dan sebanding dengan pendapatan yang diterima. Namun, jika Anda melakukan investasi dalam waktu yang singkat, maka resiko kecil begitu juga terhadap keuntungan yang didapatkan. Oleh karena itu, bagian ini perlu dilihat secara menyeluruh. 

5 Ciri-Ciri Investasi Bodong

3. Meminta Mencari Nasabah Baru

Tanda berikutnya yang perlu untuk diperhatikan dan diwaspadai mengenai investasi yang meminta nasabah baru. Bagian ini harus Anda hindari dan jangan sampai Anda bergabung didalamnya, karena hanya akan merugikan dan membuat diri Anda akan mengalami banyak permasalahan besar yang akan terjadi. 

Apabila Anda bergabung didalamnya akan dituntut untuk mencari dan didesak untuk mendapatkan nasabah baru agar bergabung dengan Anda melalui produk investasi yang ditentukan. Jika menemukan tindakan yang serupa, maka lebih baik untuk pergi jauh dan lakukan pemutusan kontrak akan permasalahan tersebut. 

4. Status Perusahaan Tidak Jelas 

Ada banyak investasi bodong mempunyai status perusahaan yang tidak jelas dan tidak memberikan rincian dengan lengkap. Terutama dalam produk yang diberikan, sehingga ketika hendak mencarinya tidak ada penjelasan secara menyeluruh dan membuat banyak orang mengalami dampak yang besar akibat tindakan yang ada. 

Apabila Anda menemukan kasus yang ada dan sudah mencari beberapa informasi, namun tidak menemukan dengan jelas, lebih baik untuk menghindarinya dan jangan sampai Anda terjebak dalam bagian tersebut. Karena bagian ini hanya akan membuat Anda akan mengalami kerugian dan terjebak dalam permasalahan saja, sehingga harus bijak dan kritis. 

5. Dana Tidak Transparan 

Bentuk investasi yang sehat selalu memberikan ringkasan pengelolaan dengan manajer secara terbuka dan tidak sembarangan. Namun, jika Anda melakukan investasi bodong semuanya akan tertutup dan tidak ada penjelasan secara transparan, sehingga perlu untuk diperhatikan dan perlu mencurigai bagian yang sangat ganjil tersebut. 

Pada tahap ini, prosesnya Anda akan diminta untuk hati-hati dan jangan sampai Anda terjebak dalam permasalahan yang sama. Dengan demikian, perhatikan secara menyeluruh dan tidak sembarangan dalam melakukannya. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri investasi bodong, tentunya jangan sampai Anda terjebak dan tergiur dengan beberapa penawarannya. Bagian ini hanya akan membuat kesenangan sesaat dan tentunya memberikan kerugian besar. 

Leave a comment

Your email address will not be published.